Senin, 05 Desember 2016

Permasalahan Sosiologi Pendidikan


Permasalahan Pembelajaran

Pelaksanaan kegiatan belajar adalah sesuatu yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Pada saat sekarang ini, kegiatan pembelajaran yang dilakukan cenderung pasif, dimana seorang pendidik selalu menempatkan dirinya sebagai orang yang serba tau. Hal ini akan menimbulkan kejengahan terhadap peserta didik. Sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi titik menarik dan cenderung membosankan. Kegiatan belajar yang terpusat seperti ini merupakan masalah yang serius dalam dunia pendidikan.
Guru / dosen yang berpandangan kuno selalu menganggap bahwa tugasnya hanyalah menyampaikan materi, sedangkan tugas siswa/mahasiswa adalah mengerti dengan apa yang disampaikannya. Padahal Guru adalah salah satu unsur dalam proses pendidikan. Dalam proses pendidikan di sekolah, guru memegang tugas sebagai pengajar dan pendidik.
Bila peserta peserta didik tidak mengerti, maka itu adalah urusan mereka.Tindakan seperti ini merupakan suatu paradigma kuno yang tidak perlu dipertahankan.
Dalam hal penilaian. Pendidik menempatkan dirinya sebagai penguasa nilai.
Pendidik bisa saja menjatuhkan, menaikan, mengurangi dan mempermainkan nilai perolehan mumi seorang peserta didik. Proses penilaian seperti sungguh sangat tidak relevan.

Tawuran Antar Pelajar

contohnya seperti tawuran antar pelajar yang saya lihat pelajar sekarang lebih banyak nongkrong dijalanan pada saat jam pelajaran, mereka tidak mengikuti jam pelajaran tersebut, mereka malah merokok, ngobrol-ngobrol yang seharusnya tidak untuk mereka lakukan disaat jam pelajaran, terus ketika itu mereka malah membuat masalah kepada sekolah lain seperti saling meledek antar pelajar dan akhirnya terjadi tawuran antar pelajar. Menurut saya hal seperti ini tidak baik, sebisa mungkin pihak sekolah harus lebih tegas lagi memberi peraturan dan sanksi terhadap siswa ataupun siswi yang telah melanggarnya, bukan hanya dari pihak sekolah saja tapi orang tua pun sangat berpengaruh terhadap masalah ini karena bagaimana pun posisi orang tua hal yang pertama paling penting bagi perkembangan anak karena masalah ini berpengaruh dari masalah orang tua seperti perceraian atau kekerasan kepada anak sehingga anak menjadi seperti itu.

Merokok di Sekolah
  
Ketika pada saat jam istirahat banyak siswa yang merokok di lingkungan sekolah seharusnya hal ini tidak harus di lakukan, mereka tidak boleh merokok di lingkungan sekolah dan memakai seragam sekolah karena hal tersebut telah menjadi peraturan sekolah dan mereka telah melanggar nya.

IPTEK

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini berdampak pada pendidikan diindonesia. Ketidaksiapan bangsa menerima perubahan zaman membawa perubahan terhadap mental dan keadaan negara pada saat sekarang ini. Berkembangnya ilmu pengetahuan teklah membentuk teknologi baru dalam segala bidang, baik bidang social, ekonomi, hukum, pertanian dan lain sebagainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar